Jumat, 20 Juni 2008

Baca-Baca

Kisah 47 Ronin



Bagi pecinta sejarah-sejarah jepang tidak ada salahnya kalau mencoba untuk membaca novel yang satu ini, novel ini dikarang oleh John Allyn yang menceritakan tentang rencana balas dendam ke 47 ronin (samurai tak bertuan) atas kematian tuannya Lord Asano dari Ako karena telah mengeluarkan pedang di istana Shogun di Edo dan menyerang pejabat istana yang korup bernama Kira kouzuke yang sehingga dipaksa untuk melakukan Seppuku.

aku bacanya baru separo, tapi tidak sabar untuk memuatnya di blog ini, karena ceritannya memang bagus dan bikin merinding hehehhehehe, bagi yang penasaran bagaimana cerita dari novel karangan John allyn ini, berikut reviewnya:

pada tanggal 4 Maret 1701, didalam Istana Shogun Tsuneyoshi, tepatnya di ruang Matsu no Ourouka (tempat berkumpul daimyo) terjadi suatu pertengkaran antara dimyo muda Lord Asano Takumi no kami dengan pejabat tinggi bernama Kira kouzuke no shuke yosisha, didalam pertengkarannya itu Lord Asano melukai kira dengan wakizashi, oleh karena itu shogun Tsuneyoshi langsung menjatuhi hukuman agar Lord asano melakukan seppuku, tidak hanya itu shogun juga memberikan hukuman kepada keluarga Asano dengan mencabut semua wilayah kekuasaan klan ako sehingga pengikutnya menjadi ronin.

setelah kematian Asano, Oishi lah yang menghendel semua keada'an di Ako, Oishi adalah penasehat utama bai Asano takumi no kami yang ikut berperang melawan shogun, dan yang membuat oishi sedih adalah keada'an putri asano yang sebatang kara, oishi tidak tahu mau diungsikan kemana anak lord asano setelah kastil dan tempat tinggalnya di ambil hak oleh shogun.

semua samurai telah berkumpul di lapangan depan kastil untuk membuat suatu keputusan apakah mereka akan langsung balas dendam atau menunggu petisi dari shogun? hara sebagai samurai meminta agar segera mengadakan penyerbuan ke istana, tapi oishi melarangnya, dengan alasan "liat sikon dulu" ^^.

mau tahu kelanjutan ceritanya? makanya buruan baca ceritanya, dijamin seru ...

dan inilah daftar nama ke 47 ronin tersebut :
Ōishi Kuranosuke Yoshio
Ōishi Chikara Yoshikane
Hara Sōemon Mototoki
Kataoka Gengoemon Takafusa
Horibe Yahē Kanamaru
Horibe Yasubē Taketsune
Yoshida Chūzaemon Kanesuke

Yoshida Sawaemon Kanesada
Chikamatsu Kanroku Yukishige
Mase Kyūdayū Masaaki
Mase Magokurō Masatoki
Akabane Genzō Shigekata
Ushioda Matanojō Takanori
Tominomori Sukeemon Masanori
Fuwa Kazuemon Masatane
Okano Kinemon Kanehide
Onodera Jūnai Hidekazu
Onodera Sawaemon Hidetomi
Kimura Okaemon Sadayuki
Okuda Magodayū Shigemori
Okuda Sadaemon Yukitaka
Hayami Tōzaemon Mitsutaka
Yada Gorōemon Suketake
Ōishi Sezaemon Nobukiyo
Isogai Jūrōzaemon Masahisa
Hazama Kihei Mitsunobu
Hazama Jūjirō Mitsuoki
Hazama Shinrokurō Mitsukaze
Nakamura Kansuke Masatoki
Senba Saburobē Mitsutada
Sugaya Hannojō Masatoki
Muramatsu Kihē Hidenao
Muramatsu Sandayū Takanao
Kurahashi Densuke Takeyuki
Okajima Yasoemon Tsuneshige
Ōtaka Gengo Tadao
Yatō Emoshichi Norikane
Katsuta Shinzaemon Taketaka
akebayashi Tadashichi Takashige
Maebara Isuke Munefusa
Kaiga Yazaemon Tomonobu
Sugino Jūheiji Tsugifusa
Kanzaki Yogorō Noriyasu
Mimura Jirōzaemon Kanetsune
Yokogawa Kanpei Munetoshi
Kayano Wasuke Tsunenari
Terasaka Kichiemon Nobuyuki





6 komentar :

manbaul mengatakan...

ta.. kalo nganggur.. sekalian aja ditulis disini cerita yang ita baca, singkat aja. Kan baru baca separo.. nah ceritain dong..

*Pegel-pegel tuh tangan =))*

iTa PusPiTasAri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iTa PusPiTasAri mengatakan...

yeee emang seneng kalo tanganku jadi keriting kayak cabe keriting. weeek ...

manbaul mengatakan...

seneng sih ngga' ta.. masa aq bersenang-senang di atas penderitaan orang lain.. paling cuma tersenyum bahagia aja.. hahahaha..

iTa PusPiTasAri mengatakan...

wew T_T
bauul tega bener seh ...
getok getok getok ...

manbaul mengatakan...

hehe...

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Search This Blog