Minggu, 24 Maret 2013

Baby Hat




 photo AddEmoticons12662.gifPuppy baby hat with earflaps
Topi bayi model guguk dgn tutup telinga ^_^



Hay rajuters......, photo AddEmoticons0427.gif gimana nih, sudah dapat ide baru untuk pola merajut??
Kalau belum dapat, mungkin saya bisa memberikan ide buat pola merajut, dan kali ini saya akan menunnjukkan hasil rajutan saya yang terbaru (baru aja jadi) hehehe....

2hari yg lalu dapet pesenan Topi bayi dari tetangga sebelah yang baru dapet dedek bayi, usianya sekitar 3bulanan, dan kepalanya agak besaran gitu lah.... Jadilah saya membuatkan topi bayi dengan earflaps/tutup telinga.

Bagi yang penasaran cara membuatnya, ini dia... Here we go!! ^_^

  • Soft Acrylic berwarna putih ukuran 5mm (ini request dari customer, karena dedek bayinya agak gelap kulitnya hehe).
  • Benang Soft Arcylic ukuran 5mm untuk kombinasinya, saya pilih warna abu-abu
  • 2biji kancing untuk mata (untuk kancing nya saya menggunakan kancing dari bahan batok kelapa.
  • Hakpen ukuran 5mm.
Lets make it ... photo AddEmoticons12664.gif

Ch (chain) = Tusuk rantai
SC (Single Crochet) = Tusuk tunggal
DC (Double Crochet) = Tusuk ganda
HDC (Half double Crochet) = Tusuk setengah (masa gitu sih bhsa indonesianya)
SlSt (Slip Stich) = Tusuk sisip
Round 1 : 
Buat 5Ch membentuk lingkarang, dan gabungkan dengan Slst.

Round 2 :
Dari Slst round 1, buat 3Ch, 11Dc dari lubang, sambung dengan Slst.

Round 3 :
Dari Slst round 2, buat 3Ch, 2Dc di lubang Ch yang sama, dan lakukan di semua lubang Ch, dan gabungkan dgn Slst.

Round 4
Dari Sltst round 3, buat 3Ch, DC, 2Dc (buat 2Dc dilubang ch yg sama), *Dc, 2Dc**, kerjakan dari * ke ** kesemua lubang Ch sampai terisi, sambungkan dgn Slst.

Round 5 :
Dari Slst round 4, buat 3Ch, *Dc, Dc, 2Dc**, kerjakan dari * ke ** kesemua lubang Ch sampai terisi, kemudian sambungkan dgn Slst.

Round 6 :
Dari Slst round 5, buat 3Ch, *Dc, Dc, Dc, 2Dc**, kerjakan dari * ke ** kesemua lubang Ch sampain terisi, kemudian sambungkan dgn Slst.

Round 7-16 :
Dari Slst round 6, buat 3Ch, buat Dc disetiap lubang Ch.

Nb: Setelah sampai di Round 16, biasanya pada round terakhir ini benang dimatikan, tetapi kali ini kita tidak mematikan benangnya, karena kita akan membuat earflaps nya/ tutup telinga.

Earflaps/Tutup telinga :
Dari round 16, buat 1Ch, dan buat 10Sc. 
Baris 1 : Setelah membuat 12Sc, buat 1Ch dan balik
Baris 2 : Sc Decrease (menyempitkan rajutan), 8Sc, Sc Decrease, buat 1Ch dan balik
Baris 3 : Sc disetiap lubang Ch,buat  1Ch dan balik
Baris 4 : Sc Decrease, 6Sc, Sc Decrease, buat 1Ch, balik
Baris 5 : Sc disetiap lubang Ch, buat 1Ch, balik
Baris 6 : Sc Decrease, 4Sc, Sc Decrease, buat 1Ch, balik
Baris 7 : Sc disetiap lubang Ch, buat 1Ch, balik
Baris 8 : Sc Decrease, 2Sc, Sc Decrease, buat 1Ch, balik
Baris 9 : Sc disetiap lubang Ch, buat 1Ch, balik
Baris 10 : 2Sc decrease, buat 1Ch, balik
Baris 11 : Sc Decrease, matikan benang.

Untuk memulai membuat Earflaps sebelahnya, kita lipat topi pada sisi yg berbeda, nanti kita akan mengetahui dimana kita akan memulai membuat earflapsnya, dan kemudian buat earflaps seperti cara diatas.

Change colour untuk pinggiran topi, Mulai dari ujung Earflaps.. dan buat Sc disetiap lubang Ch mengelilingi semua bagian topi hingga bertemu di titik kita memulainya.

Telinga (kita buat dalam 2bagian, bagian luar dan dalam)
Telinga bagian luar:
Buat 6Ch, Hdc di Ch ke 2 dari jarum hakpen, kemudia buat Hdc di masing-masing Ch, buat 1Ch, balik
Baris 2-6 : Hdc disetiap lubang Ch, buat 1ch, balik
Baris 7 : Hdc Decrease, Hdc, HDc Decrease
setelah itu jangan matikan benang, tetapi setelah pada Hdc decrease terakhir pada baris 7, lanjutkan dengan membuat SC ke setiap lubang Ch mengelilingi seluruh bagian dari telinga, dan setelah sampai pada awal Hdc Decrease baris ke 7 tadi, buat 2Hdc Decrease dan matikan benang.

Telingan bagian dalam:
Buat 4Ch, Hdc di Ch ke 3 dari jarum hakpen, kemudian buat Hdc di masing-masing Ch, buat 1Ch, balik
Baris 2-5 : Hdc disetiap lubang Ch, buat 1Ch, balik
dari baris 5, buat Sc disetiap lubang Ch mengelilingi semua bagian dari telinga, kemudia buat 2Hdc Decrease, matikan benang.

Mata:
Buat Magic ring, 2Ch, dan 8Hdc di dalam ring, sambungkan pada Hdc pertama dengan Slst, buat 2Ch
Baris 2: 2Hdc di lubang Sc yang sama, dan kejakan di semua lubang Sc, matikan benang.

Hidung: 
Buat 5Ch, Hdc di Ch ke 2 dari jaum hakpen, Hdc disetiap lubang Ch, dan dilubang Ch terakhir, buat 2Hdc dan Hdc disetiap lubang Ch di sisi yang berlawanan. Buat 2Hdc di lubang Ch terakhir, matikan benang.

Note: Jangan lupa selalu menyisakan benang yang panjang disetiap kita mematikan benang disaat kita membuat, Telinga-Mata dan Hidung. ^_^


Baiklah, kali ini saya share itu saja ya, insyaallah saya akan memberikan yang lainnya lagi, dan pattern ini saya dapatkan dari Repeat crafter me by sarah.


Happy Crocheting
chick photo AddEmoticons12648.gif










0 komentar :

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Search This Blog